Tuesday, October 9, 2012

Sebelum Make Over

Minimalkan debat saat proses tata ulang. Diskusi bersama keluarga begitu penting untuk menyatukan persepsi perihal desain, biaya, dan pembagian kerja.

Ingin make over ruang padahal sedikit waktu? Waktu yang terbatas bukan halangan melakukan tata ulang di akhir pekan. Banyak tantangan saat Anda melakukan tata ulang sendiri bersama keluarga. Terlebih jika waktu yang tersedia hanya dua hari di akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Tak hanya itu, kurangnya pengalaman dan ide mendesain terkadang bisa jadi hambatan.
Namun segala kekurangan tersebut jangan membuat Anda mundur. Ingat kembali, tata ulang akhir pekan adalah sebuah rekreasi. Penuh kegembiraan dan gotong-royong antaranggota keluarga. Bonusnya ruangan yang lama berubah baru dan suasananya lebih nyaman ditinggali.
Agar semua kegiatan yang diimpikan berjalan lancar, kuncinya hanya dua: rencana matang dan koordinasi di lapangan. Demi kemudahan Anda, berikut kami sajikan 10 rencana yang harus dipersiapkan.

1. Tentukan Tema
Tema berkaitan dengan konsep ruang yang Anda mau. Fungsi apa saja yang ingin diwadahi? Bagaimana pola interaksi serta suasana yang ingin dibangun? Konsep tentu berguna untuk memberi panduan pada pekerjaan yang akan dilakukan, material yang ingin dibeli, hingga elemen dekorasi yang harus dicari.

2. Cari Referensi Desain
Untuk mendapatkan desain sesuai tema, Anda dapat mencari referensi dari buku, majalah, serta internet. Anda dapat menandai desain yang dipilih untuk menjadi panduan ketika menata ulang. Ingat, yang ada dalam gambar belum tentu cocok untuk rumah. Sebaiknya, Anda berkonsultasi pada arsitek atau desainer terlebih dahulu.

3. Siapkan Budget Tambahan
Jauh sebelum merencanakan dekorasi, Anda sudah harus mengetahui plafon dana maksimal yang akan dianggarkan. Siapkan pula biaya tak terduga sekitar 10–20% dari budget yang ditetapkan. Hal ini penting agar fokus Anda saat mencari ragam elemen interior dan material salah satunya adalah tidak melewati budget .

4. Buat Daftar Barang
Setelah tema dan biaya ditetapkan, kini Anda dapat membuat daftar barang yang harus dibeli. Buat skala prioritas yang jelas dan utamakan barang yang mampu mengubah suasana dalam sekejap. Jika harga barang melambung, Anda dapat pula membuat furnitur atau elemen dekorasi customed .

5. Detail Daftar Pekerjaan
Buat daftar pekerjaan apa saja yang mesti dilakukan ketika menata ulang. Tuliskan secara rinci dengan keterangan material dan peralatan yang dibutuhkan. Selain memperlancar proses renovasi, daftar ini akan mempermudah Anda dalam budgeting yang biasanya dianggarkan per pekerjaan.

6. Pastikan Pelaksana Proyek
Pekerjaan telah ditentukan, kini saatnya Anda menentukan pelaksananya. Bagi tugas sesuai kapabilitas dan minat. Mulai dari yang berat untuk ayah, dekorasi untuk ibu dan anak, hingga pekerjaan yang butuh keahlian untuk tukang. Agar lebih tertata dalam pengerjaan, jangan lupa tunjuk satu pemimpin proyek yang bertanggung jawab memantau garis besar pekerjaan.

7. Pilih Tukang yang Tepat
Untuk membantu tata ulang rumah, Anda dapat memilih “tukang junior” untuk pekerjaan yang tidak krusial sehingga biaya dapat ditekan. Namun jika pekerjaan butuh ketrampilan dan ketelitian, tukang berpengalaman bisa jadi andalan. Namun ingat jangan sampai penggunaan tukang menjadi berlebih dan memboroskan biaya.

8. Manajemen Waktu Pengerjaan
Agar pekerjaan lebih efisien, buat manajemen waktu. Berkonsultasilah kepada kontraktor atau tukang agar Anda dapat memperkirakan waktu penyelesaian pekerjaan. Jangan lupa masukkan pula tenggang waktu kemunduran untuk berjaga-jaga. Yang harus Anda ingat adalah waktu tenggat jangan membuat kendur semangat untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

9. Alokasi Dana
Ada baiknya mengalokasikan dana secara lebih detail. Dari keseluruhan dana yang Anda anggarkan, bagilah ke item-item pekerjaan untuk mempermudah dalam urusan belanja. Dari sini Anda dapat mengetahui jumlah dana yang melebihi, sama, atau bahkan dapat disimpan. Detail alokasi ini sebagai alarm pengeluaran pula bagi Anda.

10 . Belanja Material
Catat peralatan dan bahan apa saja yang belum Anda miliki. Kemudian luangkan waktu untuk membelinya. Belanja dapat dilakukan di sentra bahan bangunan sehingga lebih hemat waktu. Namun tak ada salahnya jika Anda mengunjungi berbagai toko untuk mendapatkan barang yang paling sesuai dengan selera dan biaya.

courtesy : www . ideaonline . co . id

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...