Tuesday, March 13, 2012

Rahasia Pola dan Warna


Dalam skala ruang dan proporsi sama, permukaan bidang yang memakai warna cerah atau terang akan berkesan lebih luas dan lapang, sementara, warna gelap cenderung memberi kesan lebih kecil, sempit, penuh, juga sesak.

Anda pasti setuju bila warna memberi peranan besar terhadap kesan seluruh ruangan. Selain warna, pola juga memiliki efek penciptaan kesan ruangan yang penting.
Paduan warna dan pola terhadap ruangan bisa macam-macam artinya. Namun, memang dalam perpaduan ini tak semua orang memiliki keahlian. Mengkombinasikan keduanya membutuhkan kepekaan yang bisa terus diasah agar memunculkan perpaduan yang menarik serta nyaman bagi penghuni ruangan.
Untuk menciptakan efek ruangan, setidaknya ada empat pengetahuan dasar yang bisa dijadikan pegangan. Simak pembagiannya seperti di bawah ini:

Warna terang dan gelap
Dalam skala ruang dan proporsi sama, permukaan bidang yang memakai warna cerah atau terang akan berkesan lebih luas dan lapang. Sementara, warna gelap cenderung memberi kesan lebih kecil, sempit, penuh juga sesak.

Warna kontras dan senada
Impresi tercipta melalui tampilan visual ruang juga merupakan gabungan dari tampilan keseluruhan yang ditangkap oleh mata dan diterjemahkan menjadi sebuah citra tertentu.
Berangkat dari konsep tersebut, lahir teori tentang teknik kombinasi warna. Maka, Anda dapat mengaplikasikan teknik kombinasi warna gradasi atau disebut warna turunan. Juga, teknik warna kontras dengan warna senada.

Pola vertikal dan horisontal
Pola vertikal akan membuat kesan ruangan tampil lebih tinggi, sementara horisontal memberi kesan lebih pendek atau seolah sejajar dengan permukaan tanah.

Motif besar dan kecil
Keberadaan motif besar akan membuat ruang tampak lebih kecil, sedangkan motif kecil akan membuat ruangan menjadi cenderung lebih luas. Motif berukuran besar akan menjadi focal point yang langsung ditangkap indra penglihatan manusia. Motif kecil sebaliknya, ditangkap mata seolah permukaan bidang warna yang tenggelam ukuran furnitur.

(Sumber: Seri Rumah Ide Wallpaper & Cutting Sticker, Imelda Akmal Architectural Writer Studio/Gramedia Pustaka Utama)

courtesy : properti.kompas.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...