Tuesday, January 22, 2013

Ruang Luar Penuh Manfaat

Ruang luar bukan hanya halaman yang berfungsi untuk estetika, tetapi dapat juga indah dan sekaligus memiliki fungsi yang kuat. Sebagaimana rumah yang ada di Parung, Bogor, yang dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh pemiliknya untuk memfasilitasi berbagai acara yang sering diadakan di rumah.
 
Taman yang melengkapi rumah keluarga ini sengaja dirancang untuk menjamu tamu keluarga dan para kerabat yang sering berkunjung, Rindangnya kanopi pepohonan, suara ayam bekisar berkokok, dan hijaunya daun-daun yang mengelilingi taman memberikan “sensasi” yang berbeda, sehingga para tamu betah berlama-lama di rumah ini.

Tanah Berkontur menjadi Function Room

Kaveling berukuran 10 m x 50 m tersebut berbentuk memanjang dengan kontur tanah yang menurun ke arah belakang, dan berada tepat berhadapan dengan bangunan rumah. Semula pemilik rumah bingung mau digunakan untuk apa tanah berkontur ini, sampai muncul gagasannya untuk memanfaatkannya sebagai function room tetapi berada di ruang luar.
Beberapa fasilitas yang diperlukan mulai dirancang seperti fasilitas untuk duduk, fasilitas memasak sampai ruang untuk melakukan ibadah juga dipersiapkan dengan baik. Kontur tanah di-cut and fill sampai terbentuk tiga area datar yang masing-masing digunakan untuk pengelompokan sebuah area aktivitas
Seperempat bagian kaveling yang berada di sisi muka merupakan area penerima dan area parkir. Untuk menunjang fungsi tersebut, permukaan tanah sengaja ditutup dengan grass block dengan rumput gajah mini yang mengisi celah-celah diantaranya.
Pagar besi yang berjeruji transparan mengelilingi kaveling dan disamarkan dengan jajaran Heliconia “sexy pink” yang karakter tumbuhnya berstruktur vertikal.

Gazebo sebagai Pusat Aktivitas

Pusat aktivitas taman ini menempati setengah bagian dari keveling yang berada di bangian tengah. Di sini dibangun gazebo besar berukuran 3 m x 8 m pada posisi sejajar, sementara gazebo yang berukuran lebih kecil ditempatkan pada posisi yang menyiku di sisi lain.
Diantara bangunan gazebo dibangun kolam pancuran, tamn tropis, dan ditempatkan aksesori taman. Tanaman tropis seperti Calathea Heliconia, Philodendron marble dan keladi hutan tumbuh dengan suburnya.
Ingin membaca selengkapnya?

Courtesy : majalahasri.com  

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...