Thursday, January 31, 2013

Menata Ruang Sambut Valentine

FEBRUARI selalu diidentikkan sebagai bulan kasih sayang, di mana saat berkumpul bersama orang terkasih menjadi momen yang istimewa. Tak ayal, ruangan di rumah pun kerap ditata seindah mungkin agar suasana hati Anda dan pasangan atau keluarga menjadi lebih menyenangkan.


Foto: Dekorasi sambut valentine/ dreamhome-design.blogspot.com

Suasana indah dan romantis selalu bisa dihadirkan lewat tatanan dekorasi yang menawan. Aplikasi warna lembut dan pencahayaan merupakan cara untuk menambah atmosfer kehangatan di dalam ruangan.

"Valentine tidak harus selalu diidentikkan dengan keromantisan di antara pasangan kekasih,tapi juga bisa membawa keakraban di tengah anggota keluarga.Penataan ruang untuk momen ini bergantung pada kondisi dan bagaimana pemilik rumah ingin menikmati suasana Valentine di rumah," kata desainer interior Susan Octari Yauhan.

Tidak perlu repot dalam menciptakan nuansa kasih sayang di dalam rumah. Anda cukup mengaplikasikan beberapa aksesori,seperti bunga mawar merah,dekorasi lilin berbentuk hati, dan berbagai hiasan berbentuk hati yang dapat menjadikan suasana di hari kasih sayang lebih berkesan.

"Dengan menambahkan satu atau dua aksesori di dalam interior melalui warna ataupun benda yang bertema Valentine,sudah bisa membangun suasana tertentu di ruang tersebut," imbuh Susan.

Jika ingin menciptakan view yang berbeda pada saat Valentine di dalam ruangan, Anda tinggal mengubah tata lay out di bagian sudut ruang yang diinginkan.

"Sebelum menata ruangan, ada baiknya Anda menentukan sudut mana yang ingin dijadikan point of interest saat Valentine nanti. Setelah itu,baru ditambahkan aksen pemanis seperti bunga mawar dan vasnya, taplak bercorak merah muda,serta hiasan berbentuk hati," tambah desainer interior Ade Lesmana.

Selain tata dekorasi, Anda juga harus menentukan rencana kegiatan yang ingin dibuat dengan keluarga atau orang terkasih pada saat Valentine. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada penataan furnitur serta dekorasi di ruangan yang menjadi sentral kegiatan.

"Misalkan ruang yang dipilih adalah ruang menonton. Ruang tersebut bisa ditata menggunakan karpet berwarna merah dengan hiasan bantal besar berbentuk hati dan hiasan bunga," sebut Susan.

Dalam menata ruang, tentu diperlukan rasa tersendiri dan disesuaikan dengan fungsi ruang tersebut. Tergantung Anda ingin menciptakan suasana Valentine yang seperti apa.

Ambil contoh, Anda ingin menghelat makan malam bersama suami atau istri tercinta. Mungkin untuk kegiatan yang satu ini, Anda harus menata bagian ruang makan dengan memberikan aksesori pita atau mengubah tatanan taplak meja dengan warna lembut, seperti merah muda.

"Perubahan pada ruang makan, mulai penataan meja hingga penambahan aksesori seperti lilin, mampu mengubah kesan dan memunculkan perasaan yang berbeda," ujar Ade.

Susan menambahkan, ruangan yang memiliki kesan pas akan membuat siapapun yang memandang ruang tersebut berhenti sejenak dan merasa sangat nyaman saat berada di dalamnya. Rasa puas dapat dirasakan setelah Anda selesai menata semua ruangan.

"Bila di dalam ruangan Anda merasa happy,berarti semua dekorasi yang tertuang di dalamnya sudah terlihat baik dan sesuai dengan tema," kata Ade. Untuk membuat ruangan terlihat eye catching saat Valentine, Anda tidak perlu susah payah membeli barang baru demi menunjang semua kebutuhan tersebut.

Langkah awal yang paling mudah Anda lakukan, yakni dengan mendaur ulang atau memodifikasi kembali beberapa perabotan yang sudah Anda miliki saat ini. Misalnya dengan menata kembali dekorasi lampu yang biasa diletakkan di sudut ruangan. Anda bisa memodifikasi kap lampu itu dengan tambahan aksesori nan cantik.

"Dengan ‘mendandani’ ulang beberapa barang yang sudah ada di rumah,itu pun sudah bisa membuat tampilan ruangan menjadi berbeda. Untuk menambah kesan yang lebih berbeda, lakukan perubahan pada warna dan tata pencahayaan," ungkap Ade.

(Aprilia S Andyna/ SINDO) (rhs) 
 
Courtesy: property.okezone.com
 
 

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...