Thursday, March 29, 2012

Perlengkapan Kamar Tidur

Percayalah, beddings dapat membuat kamar tidur lebih hidup. Warna dan motifnya dapat menyemarakkan ruangan.
 
Beddings merupakan perlengkapan tempat tidur. Umumnya meliputi sprei, bantal, guling, bedcover (penutup ranjang) atau comforter , dan selimut. Pemilihan beddings yang tepat dapat membuat kamar tidur lebih hidup.
    Ranjang tertutup bedcover. Foto: iDEA/Richard Salampessy
  • Sprei . Sprei umumnya berbentuk segiempat dengan ukuran yang lebih luas dari matras. Sprei diselipkan hingga ke bawah kasur sehingga tetap rapi saat ditiduri. Jahitan sprei dibuat mengikuti bentuk matrasnya. Pada keempat sudut terdapat karet elastis, yang berfungsi memudahkan pemasangan sprei pada matras. Jika dulu sprei putih menjadi pilihan dominan, kini terdapat variasi warna dan motif. Sedangkan bahannya menggunakan katun atau linen.
  • Bedcover . Bedcover umumnya memiliki ukuran lebih besar dari matras. Ketebalannya beragam, namun yang paling tipis adalah 5mm. Isinya dapat menggunakan dacron, silikon, atau bulu angsa. Kain yang digunakan, selain katun dan linen, juga kombinasi satin. Hiasan dekoratifnya dapat dibuat dengan aplikasi bordir.
  • Comforter . Jika bedcover menyatu dengan isinya, maka comforter terpisah antara sarung dengan isinya yang berupa matras tipis. Untuk awalnya, comforter lebih mahal dari bedcover . Tetapi berikutnya, comforter hanya membutuhkan sarung layaknya sebuah bantal. Comforter biasa digunakan pula sebagai selimut. Sementara yang berisi bulu angsa disebut sebagai duvet. 
  • Selimut . Selimut digunakan pada kamar tidur yang suhunya rendah. Cuaca dingin atau ruang dengan mesin pendingin udara (AC) memerlukan selimut untuk menambah kenyamanan istirahat. Ukurannya tunggal (single ) atau ganda (double ). Selimut dapat dihasilkan pula dari teknik rajut, quilt , hingga patchwork – yang dihasilkan dari kain perca.
courtesy : www . ideaonline . co . id

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...