Thursday, February 16, 2012

Cepat, Efisien, dan Presisi Berkat Baja

Menggunakan baja sebagai material utama struktur ternyata banyak untungnya. Dulu, baja hanya digunakan untuk bangunan pabrik. Kini, rumah tinggal sudah banyak yang menggunakan material kokoh ini.Tengok saja rangka atap yang dulu menggunakan kayu, kini sudah mulai beralih menggunakan rangka atap baja ringan. Pemasangannya jauh lebih cepat dan bebas rayap.
Saat ini, kolom baja mulai menjadi pilihan pengganti kolom berbahan beton bertulang. Harga material baja umumnya lebih mahal sekitar 30% dibandingkan struktur beton bertulang.
Namun, baja memiliki keunggulan karena bentang yang dapat dibebankan lebih lebar dibanding menggunakan kolom beton bertulang. Begitu juga dengan pelat lantai bangunan bertingkat.


Kini, sudah ada metal decking yang mempermudah pengecoran. Metal decking tidak hanya membuat proses pembuatan pelat lantai lebih cepat tetapi juga menghemat biaya. Ini karena volume beton yang digunakan lebih sedikit.
Tiang perancah juga bisa dihemat hingga 40%. Metal decking pun bisa diekspos sehingga bisa sekaligus berfungsi sebagai plafon. Efisien dalam waktu pengerjaan juga biaya memang menjadi kelebihan material baja. Tapi, jangan lupa, baja membutuhkan ketelitian saat proses pemasangannya.
"Baja itu pekerjaan yang menuntut presisi tinggi. Pengerjaan di lapangan harus hati-hati. Kalau ada selisih sedikit saja, gantinya nggak bisa cuma sepotong saja, tapi harus satu tiang," kata Firman, arsitek dari Pavilion Sembilan Lima.
Nah, berminat memakai material baja untuk rumah Anda? Jangan lupa untuk konsultasi dengan pakarnya terlebih dahulu agar hasilnya maksimal. (Devi F. Yuliwardhani)

Courtesy : properti.kompas.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...