Saturday, January 21, 2012

Interior Penuh Warna


ORANG bilang, hidup selalu dipenuhi oleh warna. Dengan warna, hidup menjadi lebih indah. Tapi, tahukah Anda bahwa setiap warna pasti memiliki karakter yang berbeda?

Berhubung hidup memang penuh dengan warna,maka untuk memilih warna yang sesuai dengan desain interior dan kepribadian, Anda perlu mengetahui karakter warna yang pas terlebih dulu. Dengan mengetahui sifat serta karakter masing-masing warna, Anda tidak akan salah menentukan warna yang sesuai dengan kepribadian dan tata ruang.

 
detail berita

Sentuhan warna di setiap dinding interior rumah sebenarnya mencerminkan kreativitas imajiner penghuni rumah tersebut agar sesuai dengan kepribadian mereka.Hal ini diyakini bisa menciptakan keseimbangan, melahirkan keharmonisan, serta kehidupan yang sempurna bagi seluruh penghuninya.

“Kekuatan satu warna biasanya sangat berpengaruh besar terhadap penghuninya secara psikologi. Terkadang warna juga kerap dihubungkan dengan dunia fengsui,” kata arsitek Denny Indra.

Ada banyak warna yang bisa dijadikan pilihan selain warna dasar.Hanya,jika salah memilih, secara fengsui diyakini bisa memberikan efek yang tidak diinginkan.

Denny menambahkan, warna memiliki karakter yang sangat unik. Beberapa warna mempunyai karakter membangkitkan energi, aktif, agresif, hangat, komunikatif, optimis, antusias, dan bersemangat. Ambil contoh merah. Warna ini bisa berkaitan dengan ambisi, memberikan kesan sensual, dan kemauan keras.

Merah paling sesuai diaplikasikan pada dapur dan ruang makan. Contoh sederhana tadi menunjukkan bahwa Anda tidak boleh memandang sebelah mata kekuatan warna. Master fengsui Jane Kumala bahkan mengatakan, elemen warna dapat membuat hidup seseorang lebih berkualitas. Warna lain yang memiliki karakter kuat adalah oranye.

Warna ini mempunyai kesamaan dengan merah. Oranye melambangkan sosialisasi, kekuatan, percaya diri, juga membangkitkan suasana dan kreativitas. Tapi bila berlebihan, dapat merangsang perilaku hiperaktif.

“Warna oranye sebenarnya sangat pas diaplikasikan di ruang belajar anak serta ruang bermainnya karena dapat merangsang motorik anak untuk lebih aktif dan kreatif,” kata Denny.

Sementara warna kuning memberikan kecerahan, membangkitkan energi, komunikatif, merangsang kemampuan berpikir, serta memberikan kesan semangat untuk maju dan toleransi tinggi. Pengaruh warna ini antara lain riang, dermawan, dan sukses. Namun, penggunaan yang kurang tepat justru bakal menimbulkan kesan menakutkan.

“Warna kuning terkadang memberikan kesan panas, namun sekaligus menarik pandangan mata dan menyenangkan. Warna ini sangat pas diaplikasikan di ruangan sempit agar terlihat lebih luas,” kata Denny lagi.

Biru juga tidak kalah menarik untuk diaplikasikan sebagai pelengkap tampilan rumah. Warna yang memberikan kesan mendalam ini selalu bisa menghadirkan perasaan tenang dan dingin, melahirkan perasaan sejuk, memberikan kenyamanan, serta perlindungan. Selain itu, biru juga memberikan pengaruh lemah- lembut, bijaksana, cepat puas, dan tidak mudah tersinggung.

“Warna biru yang kuat bisa merangsang kemampuan intuitif dan memudahkan meditasi. Namun,sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan warna tersebut karena dapat menimbulkan kelesuan,” ujar Jane.

Arsitek lulusan Bandung itu juga menyatakan, biru menghasilkan aura yang sejuk, tenang, sekaligus bisa menciptakan fantasi. Warna ini lebih tepat diterapkan di ruang tidur.

Selain itu, terdapat pula warna yang melambangkan elastisitas keinginan, cenderung pasif, bertahan, mandiri, posesif, dan susah menerima pemikiran orang lain. Pengaruh warna hijau ini antara lain teguh dan kokoh, keras kepala, dan berpendirian tetap.

“Nuansa hijau dapat meredakan stres, memberi rasa aman, dan perlindungan. Tapi, warna hijau juga dapat menimbulkan perasaan terperangkap,” tandas Jane.

“Warna yang berarti kepercayaan, menyenangkan, sekaligus memberikan nuansa segar ini sangat pas diaplikasikan pada dinding ruang keluarga atau teras depan,” tambah Denny.

Sementara cokelat merupakan warna yang netral, natural, hangat, membumi, stabil, dan menimbulkan kenyamanan. Warna ini cenderung bersifat akrab, menenangkan, dan sangat bisa mendorong komitmen.

“Warna cokelat lebih pas diaplikasikan di ruang tamu. Warna yang hangat biasanya akan memberi kesan bahwa pemilik rumah ramah dan bersahabat,” ungkap Denny. (nsa)


Courtesy : lifestyle.okezone.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...