Wednesday, July 6, 2011

Optimalisasi Ruang Sudut

Salah satu upaya efisiensi setiap ruang yang ada dalam hunian adalah mengoptimalkan setiap sudut “kosong” dalam ruang. Beberapa fungsi tambahan dapat diletakkan pada ruang-ruang sudut sebagai pelengkap/pendukung fungsi utama. 

Ruang sudut kosong sebaiknya diolah dan tidak dibiarkan sia-sia tanpa fungsi.Beberapa fungsi tambahan yang dapat diterapkan pada ruang sudut kosong untuk menempatkan furnitur:- Rak koleksi: buku, aksesoris- Almari sebagai storage- Cermin rias- Washtafel- Rak sepatu- Rak handuk- Dispenser- Gantungan baju- Tempat payung/topi



Dengan menambahkan furnitur-furnitur fungsional pada sudut, paling tidak cukup banyak membantu mengatasi kebutuhan akan storage. Selain untuk menempatkan furnitur berfitur storage, sudut juga dapat untuk memajang koleksi-koleksi pribadi dengan sentuhan estetika yang menarik, sehingga akan menambah nilai lebih sudut. 

Mengoptimalisasi sudut ruang untuk hunian mungil: · Rencanakan furnitur tambahan dengan bentuk menyudut (90o) yang kompak dengan ketersediaan ruang sudut. · Bentuk geometris yang baik adalah: segitiga dan segi empat. Segitiga mempunyai orientasi ke arah sisi diagonal (tengah), sedangkan segi empat ke arah sisi tegak lurus dinding. · Tata furnitur ke arah vertikal dengan ukuran sesuai jarak jangkauan (bersap)

Sumber: Kreatif Menata Hunian Mungil

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...