Tuesday, April 10, 2012

Lampu Hias Pembentuk Mood

Jika Anda pernah ingin mengatur suasana hati melalui lampu hias dan pencahayaan bisa menjadi sesuatu hal yang mudah atau justru sangat susah, semuanya tergantung pada diri Anda sendiri. Berikut ini beberapa tips yang akan memudahkan Anda untuk mengetahui seberapa banyak lampu hias yang Anda perlukan dan tata letaknya untuk mengatur mood pada interior rumah Anda.

1. Tentukan lebih dulu jenis mood apa yang ingin Anda hadirkan, romantis, terang, cerah, lembut. Mood pada interior ruangan yang ingin Anda bentuk sangat bergantung pada fungsi utama dari ruangan tersebut. Jika kamar tidur atau ruang keluarga, pilihlah moodmood yang terang, cerah. Semua mood ini dapat dibentuk melalui pemilihan jenis lampu dan pencahayaan yang tepat. 

2. Gunakan lampu pantul (torchiere light) untuk penerangan secara tidak langsung. Lampu jenis ini memantulkan cahaya ke langit – langit, sehingga cahaya akan menyebar secara merata pada seluruh ruangan.

3. Pilihlah standing lamp (lampu sudut) atau lampu meja (lampu duduk) untuk daerah – daerah yang gelap serta untuk membaca. Untuk keperluan ini, lampu halogen akan menjadi pilihan yang sangat cocok.

shutterstock 2285471 lores 7 Tips lampu hias untuk mengatur dan membentuk mood pada ruangan 4. Pasanglah lampu hias sebagai aksen pencahayaan (accent light) pada aksesori benda seni seperti lukisan, patung ataupun foto pada ruangan Anda. Jika kebetulan karya seni tersebut dibingkai oleh kaca, fokuskan cahaya lampu pada bagian atas dari bingkai sehingga tidak menyilaukan. 

Pertimbangkanlah untuk menggunakan lampu LED (light emitting diode) untuk pencahayaan interior karena akan menghemat uang sebab konsumsi daya listriknya sangat kecil serta lampu jenis ini memiliki efek sorotan yang bagus jika digunakan sebagai lampu aksen.

5. Pada bagian ruang makan gunakanlah chandelier light (lampu gantung), pilihlah yang daya listriknya rendah, karena model lampu gantung biasanya membutuhkan 4 lampu lebih sehingga pemakaiannya tidak akan membuat tagihan rekening listrik Anda membengkak. Selain itu bohlam lampu model ini, jika yang berdaya listrik tinggi biasanya tidak akan menghadirkan mood santai serta romantis pada ruang makan Anda.

6. Aplikasikanlah tombol switch yang dapat mengatur terang gelapnya cahaya lampu sehingga pencahayaan pada setiap ruangan di tempat tinggal Anda dapat diatur intensitas cahayanya sesuai mood yang ingin dihadirkan.

7. Untuk ruangan gudang dan peralatan, gunakan lampu yang terang sehingga akan memudahkan Anda ketika mencari sebuah peralatan pertukangan di ruangan ini.
Penentuan jenis pencahayaan serta model lampu hias yang tepat, selain mempercantik interior rumah Anda juga dapat menghemat besarnya tagihan rekening listrik pada tempat tinggal Anda sehingga secara tidak langsung Anda juga telah ikut bergaya hidup go green.

courtesy : iderumah . com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...