Saturday, March 10, 2012

Pojok RuanganMembuat Anak Rajin Belajar

Mojok nggak selalu berkonotasi negatif. Di pojok ruangan, anak-anak mestinya bisa belajar lebih giat agar ia lebih pandai. Begini caranya supaya ia giat belajar. 
Pada usia perkembangan sekitar 3-6 tahun, anak butuh tempat belajar khusus. Tapi jangan lupa, pada usia itu kegiatan bermain dan belajar harus sejalan. Maka, ruang belajar untuk anak usia itu perlu dibuat nyaman dan menarik. Pastikan bahwa imajinasi anak bisa berkembang bebas di sana.

Foto: iDEAOnline/Anissa Q. Aini

Apa sih yang diperlukan anak ketika belajar? Meja belajar, lemari buku, tempat duduk, dan tentunya suasana yang mendukung. Untuk ruangan yang tak terlalu luas, bisa digunakan konsep lesehan. Gunakan meja belajar berukuran mini dan biarkan anak duduk di lantai. Tapi jangan lupa, sediakan alas duduk yang nyaman agar si kecil tidak sakit. 
Biarkan anak memiliki kepedulian lingkungan dengan menggunakan furnitur yang ramah lingkungan. Meja pendek yang terbuat dari kardus dan potongan MDF bekas bisa dijadikan pilihan yang tepat. Lengkapi area belajarnya dengan rak buku dari kayu dengan bentuk tak beraturan yang dibiarkan tanpa finishing yang berhiaskan motif klasik. Tak perlu khawatir bertabrakan atau terlalu berat, justru sesuatu yang unik akan membangun karakter anak karena anak-anak tumbuh dengan memperhatikan apa yang berada di sekitarnya. 

Meja rendah yang dilengkapi roda juga bisa dipergunakan. Meja yang memiliki tempat-tempat penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan pensil warna atau perlengkapan belajar lainnya. Sungguh praktis dan memudahkan anak ketika belajar. 
Yang juga tak boleh dilupa, gunakan warna-warna cerah pada area belajar agar anak-anak merasa lebih akrab dengan ruangannya. Jangan biarkan anak menjadi muram gara-gara pilihan warna yang kelabu karena dunia anak adalah dunia yang ceria. 

Mudah bukan, membuat area mojok tempat belajar anak-anak?

Courtesy : www.ideaonline.co.id

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...